Pages

Selasa, 25 Maret 2014

5 TIPS SUKSES BEKERJA SAMBIL KULIAH

5 Tips Sukses Bekerja Sambil Kuliah

Bekerja sambil kuliah memang memiliki banyak keuntungan, pengalaman akan semakin bertambah dan saat lulus tentu akan lebih di hargai. Menduduki sebuah jabatan di kantor memang terkesan nyaman namun, tetap saja menimbulkan keinginan naik jabatan atau mendapatkan pekerjaan impian anda. Di Indonesia, peningkatan jabatan biasanya sebanding pula dengan peningkatan pendidikan seseorang, sehingga banyak para karyawan yang mulai melanjutkan pendidikan dengan bekerja sambil kuliah. Bekerja dan kuliah sebenarnya bukan hal yang mudah dilakukan namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Kita hanya perlu mengetahui bagaimana tips sukses bekerja sambil kuliah yang harus dilakukan. Dalam memilih jurusan di perguruan tinggi harus disesuaikan dengan pekerjaan dan faktor yang paling penting adalah minatnya. Jurusan kuliah yang semakin banyak akan membuat anda harus teliti dalam memilih jurusan tersebut.

Bekerja Sambil Kuliah
Jika seseorang telah menemukan kesempatan besar, untuk memilih jurusan kuliah saat bekerja untuk mendapatkan peningkatan pendidikan atau ingin mengambil kursus untuk kepentingan pribadi, pada awalnya memang terlihat mudah. Tapi begitu semua dimulai, pekerjaan yang tidak menemukan waktu yang sesuai dengan kuliah, baik jadwal kuliah atau untuk mengerjakan tugas. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk siswa yang bekerja dan tidak bisa menemukan waktu yang sesuai untuk menyeimbangkannya :

Menciptakan jadwal yang fleksibel
Beberapa bagian dari jadwal tidak menjadi tidak fleksibel, seperti waktu kelas yang besamaan pada jam kerja. Membangun rutinitas yang dapat dikerjakan, tetapi mampu menyesuaikan jika hal-hal penting lainnya muncul. Sebagai seorang mahasiswa yang bekerja, haruslah siap untuk beradaptasi dengan tugas baru, tugas yang tak terduga dan krisis pekerjaan yang mendadak dan perlu segera diatasi. Membuat waktu belajar yang cukup dalam jadwal sehingga jika terjadi sesuatu, anda dapat mengubahnya ke dalam hari lain selama seminggu.

Memberitahukan jadwal anda pada atasan, teman, klien dan keluarga
Pastikan orang-orang di sekitar Anda mengetahui di mana saja anda berada. Mendaftar pada sebuah kalender online dan mengirimkan URL kepada orang-orang yang bergantung, untuk mengetahui di mana anda berada. Tidak semua orang yang bekerja dengan anda akan memahami tuntutan menjadi mahasiswa dan juga tidak semua teman sekelas kulaih, akan memahami tanggung jawab tambahan bekerja yang harus anda lakukan.

Bersiap menghadapi stress
Stres merupakan bagian tak terhindarkan ketika menjadi seorang mahasiswa dan pekerja, dengan menggabungkan keduanya bersama-sama, stress menjadi mudah terjadi. Sebanyak mungkin cobalah cara mengatasi stress dan mencegahnya datang. Stress dapat merusak keinginan sukses bekerja sambil kuliah yang sedang dilakukan.

Bersikaplah realistis
Mungkin kita tidak ada cukup waktu untuk melakukan segalanya, sehingga jangan menyalahkan diri sendiri jika tidak menyelesaikan setiap tugas tunggal yang telah ditetapkan untuk dilakukan pada hari tertentu. Tetap positif dan bersyukur bahwa kita telah memiliki kesempatan untuk mencari nafkah dan mendapatkan pendidikan, dua hal yang tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatannya.

Ingat tujuan anda
Mengambil pekerjaan dan studi pada saat yang bersamaan, berarti anda telah menerima tantangan yang kebanyakan orang tidak berani untuk mencoba. Tapi anda tidak akan melakukan hal itu jika tidak memiliki alasan yang kuat dan motivasi. Entah itu keinginan untuk ingin maju dalam karir atau beralih ke karir impian Anda, ingatlah tujuan anda memulainya dan tanamkan dalam pikiran setiap kali mulai stress dan mengatasi rasa bosan anda.

Bagaimanapun cita-cita yang kita gantungkan dari sukses kerja sambil kuliah ini, tentunya harus dilakukan dengan konsisten agar mampu berjalan seimbang dan seiring sejalan.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA

HTML Comment Box is loading comments...
 

Blogroll

Change Background of This Blog!


My Note

About