Pages

Senin, 03 Maret 2014

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

Cara Belajar Efektif. Untuk mendapatkan nilai yang bagus dalam indeks prestasi atau buku rapot seseorang haruslah lebih tekun dalam belajar. Banyak cara dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Namun, bukannya nilai yang baik namun malahan semakin merosot. Mungkin hal ini disebabkan cara anda belajar belum terlalu efektif sehingga hasil yang didapatkan belum maksimal.

Cara Belajar Efektif

cara-belajar-efektifBerikut ini ada beberapa poin tentangcara belajar efektif yang bisa anda coba terapkan agar anada bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut cara- cara belajar efektif:
- Jangan belajar ketika akan ujian
Jangan pernah melakukan hal ini, belajar dengan sistem seperti ini, atau sering disebut SKS ( Sistim Kebut Semalam ) karena anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dengn melakukan cara ini. Pelajari semua materi setiap hari dengan bertahap.

- Buat jadwal waktu belajar
Buatlah jadwal untuk anda belajar, buatlah jadwal tersebut setiap hari anda harus belajar meskipun hanya satu jam, namun lakukanlah dengan rutin dan komitmen yang tinggi bahwa anda akan melakukannya.
- Memiliki tujuan khusus
Anda harus memiliki tujuan khusus dengan apa yang anda pelajari dan semua itu akan menjadi motivasi yang baik bagi anda. Selain itu anda juga akan bisa menyelesaikan semua permasalahan yang ada pada materi yang anda pelajari tersebut.
- Jangan menunda waktu untuk belajar
Semakin sering anda menunda waktu untuk belajar, maka akan semakin malas anda akan belajar. Lakukanlah sesuai jadwal yang sudah anda biat, sehingga anda akan benar- benar mendapatkan hasil yang maksimal.
- Jangan mendahulukanlah materi yang sulit
Dengan mendahulukan materi pelajaran yang sulit untuk dipelajari maka konsentrasi kita akan terfokus pada materi yang susah tersebut, oleh karena itu, pelajarilah materi yang anda pikir mudah untuk dipelajari terlebih dahulu, setelah itu barulah anda mempelajari materi yang anda anggap sulit.
- Belajar kelompok
Belajar kelompok merupakan cara yang bisa dibilang cukup efektif karena anda bisa bertukar informasi dengan teman sekelompok anda. Jika anda kurang memahami suatu materi, maka anda bisa bertanya dengan anggota lainnya. Sehingga dengan begitu anda bisa menemukan cara belajar efektif bersama kelompok belajar anda.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA

HTML Comment Box is loading comments...
 

Blogroll

Change Background of This Blog!


My Note

About