Pages

Selasa, 25 Maret 2014

Persyaratan yang Harus Dimiliki di Lowongan Kerja Hotel

Di dalam satu unit usaha perhotelan, ada beberapa bagian yang sering disebut sebagai department. Ada beberapa karyawan yang dibutuhkan oleh setiap department di sebuah hotel. Karyawan-karyawan tersebut harus dapat memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Setiap department memiliki persyaratan yang berbeda untuk para karyawan nya tergantung pada fungsi dan bagiannya masing-masing.
Akan tetapi, persyaratan dasar yang harus dimiliki oleh semua karyawan di lowongan kerja hotel adalah sebagai berikut:
Mau dan dapat melayani orang lain/ customer
Memiliki pengetahuan, perilaku dan keterampilan yang cukup sesuai dengan bidang pekerjaan
Mempunyai kesadaran yang tinggi bahwa keberadaan tamu di hotel dapat mempengaruhi karir pekerjaannya
Mempunyai rasa tanggung jawab akan pekerjaannya terhadap perusahaan.
Demi keberhasilan pengembangan karir si karyawan dan juga keberhasilan bisnis hotel tersebut, setiap karyawan harus dapat memenuhi persyaratan tersebut. Berikut ini adalah persyaratan karyawan untuk lowongan kerja di hotel secara lebih luas dan juga detail:

1.Kebersihan
Bagi pelamar untuk lowongan kerja hotel, kebersihan adalah hal yang sangat penting. Karyawan hotel di wajibkan untuk bertemu langsung dengan para tamu. Maka dari itu, kebersihan dari si karyawan harus selalu terjaga.

2.Pengetahuan yang luas
Demi kelancaran karir dan baiknya pelayanan yang diberikan, seorang karyawan harus mempunyai pengetahuan yang luas, terutama pada bagian yang dia tuju.

3.Ketepatan waktu
Hal yang harus selalu diperhatikan oleh setiap perusahaan maupun instansi adalah ketepatan waktu karyawan. Usahakan untuk selalu tepat waktu, sejak Anda melamar atau datang interview di lowongan kerja hotel. Ketepatan waktu dapat mengukur kualitas kerja si karyawan.


4.Kepribadian dan Sikap
Jika Anda dapat bersikap ramah, memiliki rasa humor yang baik, taktis dan juga tidak temperamental, Anda cocok di lowongan kerja hotel. Karyawan hotel diharuskan mampu berbicara dan berhubungan baik dengan tamu. Namun, karyawan hotel  tidak diharuskan untuk terlalu merendahkan diri sehingga seperti budak. Karyawan hotel harus mempunyai kesabaran yang ekstra, karena tidak jarang ada beberapa tamu yang agak sedikit susah dilayani.

5.Daya Ingat
Demi meningkatnya pelayanan dan kenyamanan yang diberikan, calon karyawan hotel yang ingin melamar di lowongan kerja hotel harus memiliki daya ingat yang bagus.

6.Kejujuran
Dalam setiap pekerjaan dan tindakan, kejujuran adalah hal yang paling penting dan harus dijunjung tinggi. Sebagai tenaga kerja yang bergerak dan berhubungan langsung dengan customer, calon karyawan hotel harus mempunyai sikap yang jujur. Namun, tidak hanya kepada tamu, dia harus bisa jujur terhadap pimpinannya. Hal ini tentu saja akan menciptakan suasana  kerja yang nyaman dan menyenangkan.

7.Pengetahuan umum
Pengetahuan umum yang cukup sangat diperlukan demi mengimbangi pembicaraan dengan tamu.
Setelah melihat kriteria-kriteria calon karyawan hotel yang baik, berikut ini ada lagi beberapa syarat khusus yang harus dimiliki oleh calon karyawan hotel yang melamar di lowongan kerja hotel agar dapat diterima:
a.Tinggi badan
b.Sehat jasmani dan rohani
c.Bebas obat-obatan terlarang dan alkohol
d.Berpenampilan bersih, rapi, dan menarik


Dengan adanya syarat-syarat yang ada di atas, Anda bisa lebih mempersiapkan mental Anda untuk melamar kerja di lowongan kerja hotel yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Jika Anda sudah memiliki skill dalam bidang ini, yang perlu Anda persiapkan adalah mental dan sikap yang baik. Semoga beruntung!

3 komentar:

  1. Nama saya Riska puspita.... Mau nanya kak Apakah sekalipun saya lulusan SMA bisa daftar perhotelan dan apakah saya harus lulusan Sekolah perhotelan atau tidak soalnya saya tidak lanjut kukiah saya hanya kursus bahasa inggria di kampung inggris dan saya ingin kerja diperhotelan???

    BalasHapus

KOMENTAR ANDA

HTML Comment Box is loading comments...
 

Blogroll

Change Background of This Blog!


My Note

About