Pages

Selasa, 25 Maret 2014

Tips Cara Cepat Kerja Ke Kapal Pesiar

Kerja di kapal pesiar merupakan impian,dambaan dan kebanggaan tersendiri bagi sebagian anak muda di Indonesia. Dapat uang yang banyak karena dibayar pakai dollar amerika atau mata uang asing lainnya dan bisa berkeliling dunia secara gratis merupakan pengalaman yang tak bisa terlupakan. Tapi untuk bisa menuju kesana butuh perjuangan yang luar biasa dari orang yang bersangkutan. Sebelum anda masuk kesana terlebih dahulu persiapkan diri anda. Lebih baik di sekolah menengah anda memilih sekolah menengah kejuruan pariwisata atau smk jurusan perhotelan di bandingkan sma atau smu . Sebab kalau anda di smk anda sudah siap pakai untuk diterjunkan ke dunia kerja anda sudah mempunyai skill yang mantap dan kalaupun anda mau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi sekalipun hanya memantapkan langkah anda dan menambah dan memperkuat skill yang anda dapatkan sewaktu anda berada di bangku smk. Pastinya di smk anda mendapatkan on job training dari sekolah anda ke hotel untuk dilatih sehingga anda punya pengalaman dalam bekerja nantinya utamakan bidang kerjanya di house keeping department dan laundry karena bidang ini sangat banyak lowongan pekerjaannya. Bahasa Inggris salah satu faKtor pendukung anda nanti dan merupakan faktor penentu kelak anda melamar ke kapal pesiar selain pengalaman on job training. Selain itu juga kesehatan tubuh dan fisik anda selalu dijaga sebab bekerja di kapal pesiar sangat berat karena berbeda seperti kerja di darat kondisinya . Anda diwajibkan bisa bekerja selama 12 jam sehari ini membutuhkan ketahanan tubuh yang prima dari seseorang yang mau berkeinginan melamar kerja di kapal pesiar.

Trik dan tips sekarang persiapkan bahasa inggris baik itu grammer maupun conversation, pelajari telling picture yaitu nanti anda akan diperlihatkan gambar alat-alat housekeeping nanti anda disuruh menyebutkan dan fungsinya dengan bahasa inggris, kalau yang paham dan pintar bahasa inggris pasti mudah melalui ini tapi yang bahasa inggrisnya pas-pasan seperti saya mendingan belajar di rumah atau practice with your friend or family atau yang lebih baik kursus soalnya salah satu sayarat ke HAL yaitu mempunyai sertificate bahasa inggris dan pengalaman hotel min 1 tahun di bintang 4 atau bintang lima dari sekarang private dulu dech dan yang paling penting berdo’a ya.

Interview adalah proses seleksi yang harus dilalui kebanyakan orang ketika melamar sebuah pekerjaan.Mungkin terasa agak susah. Setiap orang pasti akan merasa gugup jika akan mengahadapi interview, apalagi bila interview tersebut dengan principal dari luar indonesia. Normalnya perasaan gugup itu akan menghambat kita dalam proses interview tersebut jika kita tidak bisa menguranginya. Jika persiapan itu matang,fungsinya kita bisa mengontrol diri sendiri dan mempermudah kita untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar. Hal-hal yang perlu kita perhatikan adalah :
1.   Lakukan langkah persiapan dan tumbuhkan percaya diri.Usahakan untuk tidur tidur yang cukup agar nantinya kita terlihat fresh dan tidak loyo,karena terkadang terlalu banyaknya peserta interview memakan waktu yang cukup lama.
2.   Buat sedikit catatan mengenai interview, dari mulai waktu, tempat, pakaian dsb.
3.  Datanglah tepat waktu, usahakan tiba tidak kurang atau lebih dari 30 menit sebelum waktuwawancara, jangan sampai terlambat. Itu akan mencerminkan kedisiplinan dan kita lebih relax untuk persiapan interview.
4.   Persiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, jangan sampai ada yang tertinggal
5.   Sesuai dengan posisi yang anda lamar cobalah menulis dan melatih kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul di saat interview,hal ini akan menambah kepercayaan diri kita untuk menjawab semua pertanyaan dengan baik dan benar.
6.   Buat kesan yang baik pada saat interview.Berikan salam ketika memasuki ruang interview dan menjabat tangan sebelum dan sesudah interview untuk memberikan kesan yang ramah.
7.   Jangan terlalu banyak berbicara, salah-salah justru anda yang jadi pewawancara.
8.   Bersemangat dan berpikiran positif, tapi jangan terlalu over.
9.   Usahakan komunikasi pada saat interview menjadi dua arah, jangan terlalu pasif kaya patung.
10.  Jawablah pertanyaan dengan jelas.
11.  Bawalah cadangan pas foto dan CV anda, kalau perlu uang cadangan lebih buat jaga-jaga ada sesuatu yang mendadak.
12. Tataplah mata pewawancara, dengan tatapan penuh semangat seolah-olah anda siap untuk bergabung bekerja.
13.  Buatlah diri anda merasa nyaman selama interview.
14.  Berikan jawaban yang jelas dan spesifik dan tidak terlalu berlebihan.
15. Anggap bahwa interview ini adalah pertemuan kencan anda, ini akan jauh lebih baik kan dari pada menjadi cemas dan tegang?
16.  Cobalah bertanya jika ada yang tidak jelas pada saat interview
17. Jelaskan alasan anda berhenti atau pidah secara positif, jangan memberikan jawaban yang terlalu detail meskipun diminta.
18.  Banyak-banyak berdo’a.


Itulah sedikit tips dalam mengahdapi interview,mudah-mudahan dapat sedikit membantu untuk menghilangkan rasa keraguan dan menimbulkan rasa percaya diri.

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR ANDA

HTML Comment Box is loading comments...
 

Blogroll

Change Background of This Blog!


My Note

About